Halaman

Minggu, 23 September 2012

Pertemuan 1


Pada hari kamis tanggal 13 September 2012 merupakan Pertemuan pertama mata kuliah Profesi Kependidikan dengan dosen pengampu ialah Bapak  Amril Muhammad, S.E., M.Pd . Pertemuan ini membahas tentang kontrak kuliah, kemudian pemberian materi mengenai definisi Profesi Kependidikan.

Adapun yang dibahas dalam kontrak perkuliahan ialah tentang  jam kuliah yang sudah di sepakati yaitu hari Kamis jam 15.15-17.00 WIB di L2 ruangan 404. Selain itu juga mahasiswa yang mengikuti perkuliahan profesi kependidikan tidak boleh menggunakan baju yang berbahan kaos, tidak boleh menggunakan sandal , dan seluruh mahasiswa di wajibkan menggunakan kaus kaki. Dan beliau juga membahas tentang tata cara mengerjakan tugas dan  Ujian Akhir Semester.

Setelah membahas tentang kontrak perkuliahan Pak Amril langsung menjelaskan tentang Profesi Kependidikan. Profesi Kependidikan terdiri dari dua suka kata yaitu profesi dan pendidik. Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus dan pekerjaan tersebut dapat di jadikan sebagain sumber mata pncaharian. Dari kata profesional dapat di turunkan menjadi kata Profesional yaitu seseorang yang memiliki keahlian khusus di bidang tertentu.  

Seseorang di katakan professional jika memiliki cirri-ciri : berilmu, mempunyai etika, menjadikan profesinya sebagain sumber mata pencaharian, Self Development, Full Time. Ilmu/Knowledge  di bagi lagi menjadi beberapa macam yaitu factual, konseptual, procedural dan  Metakognisi.

Kependidikan ialah hal-hal yang terkait dengan pendidik. Tenaga Kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang Penyelenggaraan Pendidikan. Seperti Tenaga kependidikan administratif ( kepala sekolah, dekan , rektor, dan ketua ), tenaga kependidikan Teknis ( Tata Usaha ), tenaga kependidikan laboran ( petugas laboratorium ) dan tenaga kependidikan pustakawan.   

Pendidik tenaga kependidikan yang berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan dengan tugas khusus sebagai profesi pendidik. Pendidik itu bisa sebagai guru,ustad,dosen dan tutor. Adapun tugas guru yaitu, Eksplorasi ( mengetahui dan mempelajari lebih dalam tentang materi yang akan di sampaikan kepada peserta didik ), Elaborasi ( menguraikan kecil-kecil materi yang akan di sampaikan kepada peserta didik agar mudah di pahami ) dan yang terakhir Konfirmasi ( menjaga agar tidak terjadi miskonsepsi mengenai materi yang di berikan kepada peserta didik ).

Sekian resume yang saya buat dari pertemuan pertama perkuliahan Profesi Kependidikan. Semoga yang saya buat ini dapat bermanfaat kedepan nya untuk orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar