Halaman

Minggu, 07 Oktober 2012

Pertemuan 2


Kamis 4 Oktober 2012


Pada pertemuan minggu ini kami membahas materi tenteang CI+BI (Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa) . Minggu lalu Pak Amril sudah memberikan tugas mengenai CI+BI , dan sekarang beliau menjelaskan tentang CI+BI lebih mendalam lagi. Beliau menjelaskan tentang apa itu CI+BI? Cara menjelaskan beliau penuh dengan humor dan candaan namun tetap serius pada pembahasan yang beliau sampaikan.

CI+BI  ( gifted-talented ) adalah kemampuan bawaan berupa potensi yang memerlukan pengembangan dan pelatihan secara serius dan sistematis. Beliau mengibaratkan CI+BI itu seperti bibit unggul jika di tanam di tanah yang tandus maka tidak akan tumbuh dengan subur , namun jika bibit itu di tanam di tanah yang subur dan di rawat dengan baik maka bibit itu kan tumbuh menjadi tanaman yang subur dan berkembang. Kemampuan CI+BI dapat dipengaruhi oleh faktor genetic (nature) intelegensi IQ dan faktor lingkungan (nature ) kreativitas dan task komitmen.

Anak CI+BI mengalami kondisidisinkronitas/asinkronitas yaitu perkembangan fisik dan psikis. Makin tinggi skor IQ makin tidak sinkron dengan kondisi emosional anak CI+BI. Dengan demikian sangat perlu di bangun task commitment yaitu kemampuan mengubah motivasi menjadi tindakan seperti ketekunan dan rasa percaya diri.

Wechsler membagi tingkat kecerdasan menjadi beberapa bagian yait :
IQ > 180  Anak Jenius
IQ 130-145 Eferi Superior
IQ 115-130 Superior
IQ 100-115 Normal
IQ 85-100 Slower 
IQ 70-85 Tuna Grahita Ringan (SLB C)
IQ 55-50 Tuna Grahita Sedang 
IQ < 55 Tuna Grahita Berat

Trdapat 6 ragam kemampuan 

1.      Intellectual Abilities ( mencangkup kemampuan umum )
2.      Creativity Abilities ( keaslian pemikiran, keterbukaan terhadap pengalaman dan kemauan unntuk    mengambil resiko )
3.      Social Competence ( kemampuan untuk mendapatkan tanggapan positif dari orang lain )
4.      Musikalitas (pengetahuan bakat seseorang terhadap music )
5.      Artistic Abilities ( mampu menciptakan suatu yang indah tanpa bantuan )
6.      Practikal Intelligence ( kemampuan individu untuk menemukan hal-hal yang paling cocok antara mereka dan tuntutan lingkungan )
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar